Bonus Demografi itu?, Pisau bermata 2

Bonus Demografi ibarat pisau bermata dua, kita ketahui bersama bahwa banyak sekali ilmuwan yang mengutarakan pendapatnya terhadap keuntungan yang akan didapatkan Indonesia apabila Bonus Demografi ini dapat dipersiapkan dengan baik.  Nah apa yang terjadi jika Bonus Demografi ini tidak dapat dipersiapkan terlebih dahulu??? bukannya keuntungan yang didapatkan malah ancaman yang ada.  Apa saja ancaman yang ditimbulkan oleh Bonus Demografi yang datang ke Indonesia sedangkan Indonesia belum siap untuk menghadapinya???


1.  Pengangguran Besar-besaran
    Pastinya hal ini menjadi kekhawatiran yang wajar, mengingat bahwa pada saat bonus demografi meledaknya jumlah angkatan kerja di Indonesia.  pengangguran besar-besaran ini pasti akan terjadi jika Indonesia tidak siap menyambut bonus demografi, Indonesia harus menyiapkan banyak lapangan kerja untuk menampung para tenaga kerja yang semakin banyak.

2.  Generasi muda yang mudah terpengaruh budaya asing
    Hal ini juga yang dikhawatirkan oleh Prof. Sri Edi Swasono terkait ancaman bonus demografi. Ketika generasi muda kita sudah memegang teguh 'budaya luar' yang pada saat ini sangat mudah untuk didapatkan, bukan hal yang tidak mungkin bahwa kelak kita seolah tidak memiliki identitas diri untuk dibanggakan.

3.  Banyak penduduk berpendidikan rendah
  Anies Baswedan. Angkatan kerja berlebih diawali dari angkatan sekolah yang berlebih pula. Pemerataan pendidikan bisa jadi pemicunya. Orang-orang di daerah sangat kepincut dengan pendidikan di kota-kota besar. Mereka berbondong-bondong datang ke kota untuk mengenyam pendidikan. Sementara kursi untuk berpendidikan di kota terbatas sehingga banyak yang gigit jari karena tidak bisa sekolah.

4.  Produktivitas nasional menurun
     Ancaman ke-4 ini berkaitan dengan dua ancaman sebelumnya.  Ketika pengangguran dan banyak penduduk berpendidikan rendah, maka hampir pasti produktivitas nasional menurun.

Dari 4 ANCAMAN bonus demografi diatas hanya ada 1 solusi yang pantas dilakukan yaitu :

INDONESIA HARUS MEMPERSIAPKAN KEDATANGAN BONUS DEMOGRAFI INI 

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
huba1111
August 16, 2015 ×

mau ngasih saran nih kak, buat terus ya kak, artikel artikel seperti ini , berarti tapi nggak bertele tele, kesimpulannya juga keren

Balas
avatar
admin
August 16, 2015 ×

terima kasih, tolong disebarin ya alamat blognya, share ke teman teman gitu, pengen punya visitor rame dengan iklan yang banyak buat pemasukan

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment